WAKIL GUBERNUR BALI TJOKORDA OKA ARTHA ARDANA SUKAWATI MENGHADIRI ACARA SDGs ANNUAL CONFERENCE 2018

Senin, 17 Desember 2018



Kesepakatan global Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) telah berjalan 3 tahun. Indonesia sebagai negara yang turut membidangi dan menjalankan komitmen global dunia tersebutperlu meninjau apa yang telah dicapai, merefleksikan berbagai pembelajaran serta membahas strategi, kebijakan dan langkah ke depan untuk percepatan pencapaian SDGs. 

Terkait hal ini Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati  turut serta menghadiri dan berpartisipasi dalam acara SDGs Annual Conference 2018 yang diselenggarakan tanggal 17-18 Desember 2018.  Konferensi yang menjadi perhelatan bersama ini juga dimaksudkan menjadi sarana konsolidasi dan komunikasi dengan seluruh pihak pemangku kepentingan, baik di tingkat nasional maupun daerah. Sesuai dengan prinsip inklusif dan no one left behind,  semua pemangku kepentingan hadir dalam konferensi SDGs yang diikuti lebih dari 600 peserta ini. Unsur pemerintah, bisnis, filantropi, akademisi, pakar, dan organisasi kemasyarakatan termasuk kelompok difabel mendapat kesempatan yang sama untuk mengajukan pemikiran, gagasan dan usulan untuk akselerasi pencapaian SDGs. 

Tema utama konferensi ini adalah “SDGs in Action toward a Prosperous Indonesia” dengan semangat bahwa kesejahteraan bangsa akan dicapai dengan melaksanakan SDGs. Bagi Indonesia, karena SDGs telah diarusutamakan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) maka melaksanakan SDGs seperti “buy one get two”, yang berarti sekaligus menjalankan agenda pembangunan. Beberapa topik yang dibahas adalah Potensi Kerjasama SDGs di Asia Pasifik, Peran Development Partner dalam mengakselerasi Pencapaian SDGs, Pembelajaran Pelaksanaan SDGs di Daerah, serta Pembiayaan Inovatif untuk SDGs. Selain itu di sesi paralel akan didiskusikan mengenai Stunting dan Obesitas, Pemberdayaan Perempuan, Energi Baru dan Terbarukan, Peningkatan Akses Air Bersih dan Sanitasi, Pengangguran Muda dan Pariwisata Berkelanjutan. 

Dalam sambutannya, Wakil Presiden yang sekaligus Wakil Ketua Dewan Pengarah Tim Koordinasi Nasional Pelaksanaan SDGs, Bapak Jusuf Kalla menyampaikan “Dalam rangka menjalankan prinsip bebas dan aktif sebagai bangsa yang bermartabat, Indonesia menjadibagian dunia yang turutberkomitmenuntukmendorongtercapainyatujuan global dalammeningkatkankesejahteraan, keberlanjutan dan perdamaian dunia. Pembangunannasional dan tujuanpembangunan global pada dasarnyamemilikitujuan yang sama dan bahkansalingmenguatkan.”

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas yang sekaligus Koordinator Nasional Pelaksanaan SDGs menyatakan “Indonesia patut berbangga karena mendapat apresiasi dari Perserikatan Bangsa Bangsa, berada di atas rata-rata dibandingkan negara-negara G20 dalam pencapaian SDGs, telah memiliki rencana aksi nasional dan daerah SDGs, memiliki Fiqih Zakat on SDGs, memiliki SDGs Center di beberapa universitas, serta semua pemangku kepentingan sangat aktif melaksanakan SDGs. Saya sebagai Koordinator Pelaksanaan SDGs sangat menghargai dan mengapresiasi atas apa yang telah dikontribusikan oleh kita semua, namun kita jangan berpuas diri karena masih banyak tantangan yang harus diatasi untuk mencapai SDGs.”