Komisi I DPRD Provinsi Banten kunjungan kerja ke Kantor Perwakilan Provinsi Bali

Kamis, 10 September 2015

Komisi I Bidang Pemerintahan DPRD Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja ke Kantor Perwakilan Provinsi Bali di Jakarta, Kamis (10/9/2015). Mereka diterima Ka.Sub Bag. Tata Usaha Kantor Perwakilan Provinsi Bali, Ni Made Metti Utami., Ka.Si.Hubungan Antar Lembaga, Nyoman Ganetri dan Kasi.Pelayanan dan Rumah Tangga Pimpinan, I Gst. Ngurah Wibawa. Pimpinan rombongan Komisi I DPRD Provinsi Banten, M. Redy, SE. MM. mengatakan, tujuan kunjungan tersebut dalam rangka koordinasi terkait dengan peran Kantor Perwakilan Provinsi Bali sebagai media promosi dan informasi pembangunan di Bidang Ekonomi, Sosial Budaya, dan Pariwisata di Ibukota Negara Jakarta.


"Kami juga ingin mengetahui peran Kantor Perwakilan Provinsi Bali dalam pelaksanaan program pembangunan daerah," kata M.Redy,SE.,MM. didampingi Anggota Komisi I DPRD Provinsi Banten, Dr.Yeremia Mendrofa,ST,MM,MBA., Drs.H.Jamin, M.Si., 
Drs.H.Mujakkir Zuhri, Herry Rumawatine,SH.MAP., H. Abdul Roji, S.Sos.MM.
Karena, lanjut M.Redy, Kantor Perwakilan Provinsi Bali ini tidak hanya berfungsi sebagai hubungan koordinasi, konsultasi dan komunikasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat, juga memiliki peran yang sangat strategis untuk mempromosikan potensi daerah.
Komisi I DPRD Provinsi Banten memuji pengelolaan kantor dan Wisma perwakilan Provinsi Bali dan dinilai sangat representatif untuk menjadi contoh pengembangan kantor perwakilan Banten. Dalam kunjungan kerjanya ke Kantor Perwakilan Provinsi Bali ini, anggota DPRD Banten itu ingin mencontoh pengelolaan yang selama dinilai sangat baik untuk dijadikan refrensi. Tujuan kunjungan ini pula sebagai studi banding tentang pelaksanaan peran dan fungsi kantor perwakilan serta tata pengelolaan wisma provinsi di Jakarta, terutama menyangkut fungsi koordinasi dan pelayanan kedinasan. Provinsi Banten memerlukan bahan bandingan untuk pengembangan kantor perwakilannya. Salah satunya adalah kantor perwakilan Provinsi Bali ini,” kata DR. Yeremia Mendrofa, ST,MM,MBA, anggota Komisi I DPRD Banten. Dikatakannya, kantor perwakilan Provinsi Bali dengan aktivitasnya selama ini, kami anggap representatif untuk menjadi salah satu contoh dalam upaya pengembangan kinerja kantor perwakilan Banten.


Ni Made Metti Utami menyampaikan Visi Kantor Perwakilan Provinsi Bali yaitu terwujudnya kelancaran urusan pemerintahan dan pembangunan daerah bali di ibukota Negara Jakarta serta misi; meningkatkan koordinasi untuk kelancaran hubungan antar lembaga/pemerintah non pemerintah, mewujudkan promosi dan informasi hasil-hasil pembangunan dibidang ekonomi, sosial budaya dan pariwisata di Ibukota Negara Jakarta serta mewujudkan pelayanan professional untuk peningkatan pendapatan melalui wisma kantor perwakilan Provinsi Bali. Dan dijelaskan pula, pelaksanaan tugas dan fungsi serta pelayanan kantor perwakilan berdasarkan pengelolaan wisma, kontribusi terhadap PAD, ketentuan tarif, sarana pendukung yang ada. “Mekanisme pelayanan kedinasan kepada unsur pimpinan provinsi. Secara komprehensif serta berbagai kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan dalam rangka pengembangan budaya dan promosi daerah di anjungan Bali TMII merupakan “jendela” promosi dan informasi Bali serta pembinaan masyarakat bali se Jabodetabek”
Berbagai pertanyaan diajukan disambut dengan antusias oleh anggota Komisi I DPRD Banten menyambut positif kinerja kantor Perwakilan Bali. “Tata pelayanan dan pendampingan pimpinan, pembinaan masyarakat Bali di Jabodetabek serta kegiatan seni budaya yang dilaksanakan di anjungan Bali TMII yang ada pada Kantor Perwakilan Provinsi Bali akan kami terapkan di Banten,” kata M. Redy, SE. MM, pimpinan rombongan Komisi I DPRD Provinsi Banten. Setelah pertemuan dilanjutkan dengan peninjauan wisma Kantor Perwakilan Provinsi Bali.