GUBERNUR BALI MENERIMA DIPA TAHUN ANGGARAN 2019 DAN ALOKASI TRANSFER KE DAERAH DAN DANA DESA (TKDD)

Selasa, 11 Desember 2018

 

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2018 tentang APBN tahun 2019 telah ditetapkan, setelah melalui rangkaian proses perencanaan, penganggaran dan pembahasan, baik internal Pemerintah maupun Pemerintah dengan DPR. Selanjutnya, siklus pengelolaan APBN tahun 2019 berlanjut ke tahap pelaksanaan, yang dimulai dengan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan penyerahan Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa  (TKDD).

Hari ini di Istana Negara, Jakarta (11/12/1018) Gubernur Bali, I Wayan Koster menerima DIPA Tahun Anggaran 2019 dan Alokasi TKDD yang diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang merepresentasikan fokus pembangunan pada tahun 2019 dan mempertimbangkan kinerja pelaksanaan serta pelaporan dan pertanggungjawaban anggarannya.

APBN tahun 2019 mengambil tema “APBN untuk Mendorong Investasi dan Daya Saing melalui Pembangunan (Investasi) Sumber Daya Manusia”. Di Tahun 2019, mobilisasi pendapatan akan dilakukan secara realistis untuk menjaga iklim investasi tetap kondusif. Belanja Negara yang produktif akan diarahkan untuk mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, penguatan program perlindungan sosial, penyelesaian pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, serta penguatan desentralisasi fiskal.